Selasa, 28 Oktober 2014

2. Dream It, Build It, Drive It....

Hallo semuanya, gimana nih kabarnya? di artikel sebelumnya, aku udah nge-bahas gimana aku bisa ketemu dengan Arga. Nah, di artikel ini, aku mau nge-bahas gimana si Arga me-modifikasi aku. Oke, langsung aja yaaa....(www.toyota.co.id)

setelah 1 tahun aku bersama Arga, masih dengan kondisi mesin ku yang sangat ngebul, Arga ingin mempermanis diriku, salah satu nya adalah membuat diriku menjadi pendek. Jujur, aku sangat sakit dengan kondisi ku saat itu, karena aku harus ber "ciuman" langsung dengan polisi tidur atau lobang-lobang di jalanan yang rusak. ini beberapa foto saat aku menjadi ceper:



Tahap kedua yang dilakukan Arga adalah mengoperasi mesinku. Mesinku terpaksa di operasi karena ada beberapa hal, seperti: oli yang sudah masuk ke ruang pembakaran, tarikan mesin yang sudah mulai ngempos dan konsumsi bensinku yang sangat boros. Karena hal itu, Arga mengeluarkan seluruh isi tabungannya untuk membayar operasi ku. Ini beberapa foto saat aku sedang di ruang operasi:



 Kondisi Cylider Head ku yang sangat kotor, soalnya pemilikku sebelumnya sering nyuekiin aku :(

Gearbox ku yang juga kotorrr :((

 Blok mesin ku yang penuh kerak :(((

kira-kira 2 minggu aku di ruang operasi, masalah baru muncul. Yaitu Cylinder Headku yang sudah bengkok, hal ini disebabkan karena sebelumnya aku pernah mengalami overheat yang cukup parah, sehingga Head Cylinder ku menjadi bengkok karena panas yang sangat berlebih, dan pemilikku sebelumnya sangat cuek dengan hal itu (www.toyota.co.id). Lalu, sebelum aku dijual ke Arga, pemilikku sebelumnya mengakali Head Cylinder ku dengan cara memapas habis Head Cylinder ku, lalu mengganjal dengan Double Gasket/packing. Karena hal itu lah, selama ini mesin ku mengebul.

Lalu, Arga memutuskan untuk membelikan aku Head Cylinder copotan, dan dengan sedikit kreasi nya, Head Cylinder baru ku akan dipapas demi mengejar performa dan kompresi mesin yang padat, berikut fotonya:


Akhirnya, setelah sebulan lebih aku berada di ruang operasi, akhirnya aku bisa merasakan aspal di Jakarta lagi, berikut foto-foto ku saat baru keluar dari rumah sakit:


Setelah masa In Reyen selesai, Arga langsung membejek ku habis-habisan. Oh iya, tidak lupa Arga mengganti Exhaust System ku dengan konfigurasi Header 4-1. konfigurasi ini dipercaya Arga mampu untuk menyalurkan gas buang ku menjadi lebih lancar.

Karena Arga yang memang doyan kebut-kebutan, Arga langsung mengajak aku balapan liar di Asia Africa. Saat balapan berlangsung, Arga merasakan bahwa tenaga ku sedikit tertahan karena beban velg ku yang lumayan berat. Saat itu, ukuran velg ku adalah ring 16, cukup berat untuk diajak kebut-kebutan. Akhirnya, Arga mengganti velg ku dengan ukuran ring 15 dengan harapan tenaga ku akan lebih kuat untuk memutar velg dengan beban yang lebih ringan, berikut penampakannya:





Gimana penampilanku diatas? terkesan agak sedikit alay tapi rada garang sedikit hehehe. Tapi, setelah Arga mengganti velg ku dengan velg kaleng ukuran 15, dia pun nge-test  aku lagi di Asia Africa, dan Alhamdulillah aku bisa senang disana. Setelah merasa puas, Arga iseng-iseng me-dyno aku, untuk mengetahui berapa power maksimal ku pada saat itu, berikut grafik hasil dyno ku:




Arga merasa puas dengan hasil kemampuan mesin ku pada saat itu, dan setelah merasa puas, Arga kembali ingin merombak ku, agar aku kembali telrihat cantik. Arga mulai semangat nabung untuk memasukan ku ke dokter kulit (bengkel cat). Setelah tabungannya terkumpul, pada tanggal 1 maret 2011, Arga memasukan ku ke dokter kulit (bengkel cat). Berikut penampakannya:






 Ini cat yang aku gunakan, Spies Hecker Silver Blue Cyralic
 Banyak penyok di sekujur tubuhku


 Ini penyok yang paling parah karena aku pernah di cium Truk :((





 Proses dempul-mendempul selesai, lanjut proses Epoxy



 Saat proses Epoxy selesai, Arga mendapat sepatu baru untukku, setelah melakukan fitment, akhirnya sepatu ini cocok denganku, langsung dipasang deh :))





setelah 1 bulan lamanya, akhirnya aku selesai juga di dokter kecantikan (bengkel cat), lalu aku berfoto-foto narsis deh, ini foto-foto narsisku:









Gimana penampilanku? cantik-kan? hehehe............

Gak beberapa lama kemudian, aku harus kembali ke ruang operasi mesin, karena klep ku ada yang patah 2, berikut penampakannya:




kira-kira 2 minggu aku di bengkel, akhirnya aku sembuh jugaaa. lalu aku diajak Arga jalan-jalan ke puncak, setelah pulang dari puncak, klep ku kembali patah, dan kali ini lebih banyak yang patah, ada 4 klep yang patah. tanpa banyak omong, arga kembali memasukkan aku ke ruang operasi, dan mengganti seluruh klep ku dengan yang baru, berikut foto-fotonyaa:





Arga menghabiskan seluruh tabungannya demi kesehatan mesin ku, setelah 1 bulan lamanya, akhirnya aku kembali pulih seperti semula. Arga selalu mengajak aku kemanapun dia pergi, selalu memandikan aku setiap pagi tanpa merasa bosan. Arga sangat menyayangi aku dan begitu pun aku sangat menyayangi dia....(www.toyota.co.id)

Nah, sekitar awal taun 2012, Arga mulai bosan melihat sepatu ku. Dia langsung mencari-cari sepatu baru untukku. Setelah browsing sana sini, akhirnya Arga mendapat tawaran velg Ten Hole ukuran 17 inch untukku, jujur aku sangat sangat mendapat velg ini, biarpun sepatu ini sangat berat, tetapi tidak apa-apa, demi mengejar penampilan ku yang cantik. Velg Teh Hole ini mempunyai spesifikasi lebar 7.5 inch dengan Et 30 dan dibalut ban Achilles ukuran 205/40/17. Setelah proses Fitting, akhirnya sepatu ini dipasang ke kaki ku, aku kasih liat fotonya yaaa:






Setelah memakai sepatu ini, Arga merasa kalo aku kurang pendek sedikit. Tapi tak apalah untuk sementara, sembari Arga menbaung untuk memendekan diriku.

Setelah lebaran 2012, tabungan Arga terkuras lagi untuk memendekkan kaki-kakiku, memang aku merasakan sakit yang luar biasa saat aku menjadi pendek. Tapi......tak apalah, yang penting aku menjadi tambah manis, hehehe. berikut foto-fotonyaa:










hmmm....tidak berapa lamaa, Arga mencoba mem-fitting ulang sepatu ku dengan velg Amistad, dengan ukuran 17 inch, lebar 17 dan et 30. kemudian dibalut dengan ban Achilles 205/40/17, berikut penampakannya:






tapi setelah dipikir-pikir Arga, velg ini kurang cocok bagiku, akhirnya aku kembali memakai sepatu Ten hole.

Setelah 1 tahun lamanya kondisi ku seperti ini, Arga mempunyai ide-ide lain, yaitu merestorasi total diriku. langkah pertama yang dilakukan adalah mengganti sepatu ku dengan ukuran 15 inch, agar aku lebih mudah keluar masuk bengkel, mengingat proyek restorasi ku ini akan keluar masuk bengkel yang berbeda,velg yang aku gunakan adalah velg OEM mercy w203, berikut fotonyaa:



masuk ke  tahap kedua, Arga merestorasi semua kaki-kaki ku, mulai dari tierod, long tierod, ball joint, as roda, shockbreaker, per, dan masih banyak lainnya. untuk bagian per, aku menggunakan Lowering Pro-Kit Eibach. Arga mempunyai alasan tersendiri untuk menggunakan per ini, agar handling yang didapat lebih mantap, berikut fotonyaa:


Setelah restorasi kak-kaki selesai, langkah selanjutnya adalah me-restorasi mesin ku. Tujuannya adalah agar performa mesin ku semakin meningkat dan tahan lama, part-part yang diganti adalah seher, ring seher, metal jalan, metal duduk, metal bulan dan masih banyak lagi. hampir semuanya jeroan mesin dan pendukungnya di ganti oleh Arga, berikut foto-fotonyaa:





sembari menunggu mesin ku di obrak-abrik, Arga mem-polish ulang sepatu ku dan membalutnya dengan ban Yokohama S-Drive dengan ukuran 195/50/15, berikut penampakannya:



daaannnn....................,,,kira-kira 2 bulan aku di ruang operasi, akhirnya aku sembuh jugaaa.......HOREEEEE........................ENG...ING....EEENNNGGGG.....

(www.toyota.co.id)

lalu, langkah selanjutnya adalah memasangkan dopping tambahan untukku, tujuannya tidak lebih adalah menambah performa ku dan tentu saja membuat konsumsi bensin ku semakin irit, yaitu dengan masangkan Dsatek Unchip Type Q, kalo dari tadi aku kasih liat foto, kali ini aku kasih liat video yaa hehehe:

heeemmm, sepertinya segitu aja deh tahap modifikasi yang dilakukan Arga kepada diriku, memang aku terlihat sangat cupu, tapi Arga tetap bangga dengan ku. By the way, ini foto-foto narsisku dengan kondisi ku saat ini, maapin yaa kalo foto-fotoku banyak hehehehe.....,







thanks for reading Guys, tunggu artikel selanjutnya yaa.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar